Jumat, 05 November 2010

Pay It Forward

This time I'll tell you about my workplacement in Canada World Youth Program. For three months I'll work for volunteering at Big Brother Big Sister (BBBS). BBBS is organization who organize mentoring for children from their Big Brother/Sister. There I do a general office job, sorting greetings card, filing the document, photo copying, etc.

ganti bahasa..

kerja saya di sini lebih mengandalkan otot daripada otak. Tapi saya banyak dapet pelajaran penting di sini. Yang paling menarik buat saya adalah satu hal penting yang mungkin sering dilupakan orang. Apresiasi.
Di tempat kerja saya ada program yang namanya "pay it forward". Apakah itu? Itu adalah program untuk mengapresiasi seluruh staff yang udah kerja lebih daripada jobdescnya secara sukarela. Contohnya. Ngehemat pengeluarang, kerja lembur, bantuin sesama staff yang lagi butuh bantuan, dll. Program ini bisa berlaku untuk siapa aja. Seluruh staff.
Caranya, kalau kami mau ngucapin terima kasih untuk bantuan sesama staff, kita bisa tulis di post it dan tempelin post it itu di mading mereka, dan nama yang ada di mading itu adalah nominasi untuk dapet "penghargaan" pay it forward.
Biasanya di staff meeting, setiap kamis, udah banyak nominasi yang masuk. Udah gitu mereka undi nama - nama nominatornya. Dan yang menang undian, bakal dapet hadiah.
Yang buat saya surprise, saya baru tiga minggu kerja di sana, dan minggu kemarin saya masuk nominasi buat pay it forward, sayangnya saya gak dapet di undiannya.
poinnya, kami di sini gak liat senioritas, siapa yang udah bertahun2 di sana dan siapa yang baru gabung di sana. Selama mereka melakukan sesuatu yang baik mereka akan diapresiasi. Dan rasanya sangat senang mendapat apresiasi. Kerja kita dianggap.
Dan siapa saja bisa dapet apresiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar