Kamis, 23 Juni 2011

Selamat Jalan, Kawan

Saya pengen nulis tentang temen saya. Temen yang mulai saya kenal sejak kelas 1 SMA. Kebetulan kami sekelas pada saat itu. Saat itu memang pertemanan kami bisa dibilang biasa saja. Bercanda garing dan sinis, liat PR (saya yang liat ke dia), semua berjalan seperti halnya anak SMA pada umumnya. Saat perpisahan kelas pun kami bersama seluruh teman lainnya pergi liburan bersama ke Anyer, villanya Flo. Itu adalah liburan yang paling maknyoss waktu itu. kelas 2, kelas 3 berlalu. Kita beda kelas tapi tetep berteman kok, saling menyapa kalau berpapasan. Setiap tahun pasti anak2 kelas X-5 berusaha minta ketemuan, walaupun ga fullteam.

Setelah Ujian Nasional dan SNMPTN, ternyata kami masuk kampus dan fakultas yang sama, SAPPK. Waktu di SAPPK juga, walaupun beda kelas, tapi masih suka main bareng, ulang tahunnya Maisa, ulang tahunnya Flo, kami makan2 dan jalan2. Emang kayanya kami paling suka jalan2, hehe..

Waktu penjurusan tingkat 2, ternyata kami bareng lagi, di Planologi 2008. Dan waktu itu ada MPAB HMP yang kita ikutin bareng. Kebetulan saya dipercaya jadi ketua angkatan PL 08, jadi saya ingin lebih deket sama temen2 satu angkatan saya, termasuk dia. kegiatan MPAB yang sering selesai malam hari, membuat kita lumayan sering pulang bareng. Saya naik motor, rumah di Margahayu, saya pulang lewat daerah rumahnya, jadi sekalian bareng, daripada dia naik angkot. Saya juga ada temen ngobrol di motor.

Suatu saat, waktu pertemuan MPAB yang seharusnya pada pukul 18.30, beberapa temen kami belum dateng semua. Satu persatu mereka datang, dan waktu menunjukkan telah lewat jam seharusnya. Milih berangkat duluan atau nungguin ya? Akhirnya kami semua nunggu karena waktu di sms mereka udah memastikan mau datang dan masih di jalan. kebetulan yang terakhir datang adalah dia. Saat itu semua lengkap dan kami akhirnya terlambat 33 menit. Panitia menghukum kita semua satu angkatan, MPAB dibubarkan. Masih teringat jelas dia minta maaf dan meneteskan air mata di hadapan saya. Saya ga bisa marah juga orangnya, hhe.. Yaudah saya maafin dan yakin kalau kita semua bisa lebih baik lagi selanjutnya.

Akhirnya MPAB kami selesai, dan kami mendapat jahim kebanggaan (kami sempet foto2 sama Yudo dan Ficky dengan memakai jahim, mereka juga baru dilantik) dan memulai babak baru di HMP sebagai anggota biasa. Kalau kami kebetulan pulang malam, kami pulang bareng dan saya turunkan dia di Cicadas, dekat Apotek Cibeunying.

Setelah saya cuti kuliah...

Saya masih nunggu kuliah dan dia belum dapat kepastian tempat kerja praktik. Akhirnya kami banyak berjalan2 dan bermain bersama teman2 lainnya. Kami juga suka main kartu bersama, mulai dari babi2an, rebutan pulpen (apa itu nama gamesnya), ken, rumee, sampai a**hole. Dia paling suka yang terakhir. kami jalan2 mulai dari mengunjungi BCL, main seperti anak kecil dan karaokean sambil nunggu hujan. ke De Ranch, naik sepeda, naik kuda, panah2an, makan. Terakhir kami bersama teman2 lainnya pergi makan2 ke Pascal Hypersquare, nemenin Inu beli makanan sekalian jalan2 juga. hhe..

Pulangnya seperti biasa, kita bareng naik motor saya. Di motor, kami ngobrol2. Dia bercerita kalau sudah mendapat tempat kerja praktik di Jakarta. Dia juga akan ngekos di sana, biayanya per hari dia cerita. Sebelum ke tempat kos dia mau nginep di tempatnya Inu di Jakarta katanya. Akhirnya sampai tempat biasa, saya turunkan dia di sana. Saya pun pulang ke rumah.

Seminggu setelah itu, Jumat malam, saya mendapat kabar bahwa teman saya ini mengalami kecelakaan di Jakarta. Awalnya saya kira dia mengalami cedera ringan, ternyata cedera yang dia alami cukup parah dan mengharuskan dia menjalani operasi otak. Hari minggu saya menjenguknya, dia belum siuman. Semua teman2 mengharapkan yang terbaik untuknya. Kami berdoa untuk kesembuhannya.

lima hari setelah dia mengalami kecelakaan, tepatnya Rabu, 15 Juni 2011 dia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. Ternyata Allah punya rencana lebih baik untuk dia. Keesokan harinya kami mengantarnya menuju peristirahatan terakhirnya di Bandung.

Selamat Jalan kawan. Kamu telah membagi pelajaran tentang pertemanan. Terima kasih sudah menjadi bagian dari hidup saya. Saya yakin Allah punya rencana indah untukmu. Semoga kamu dapat tempat terbaik di Sisi Allah SWT. Keceriaan kamu akan selalu kami kenang.

Tribute to Ariyanni (December 20th, 1990 - June 15th, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar